Wisata Tumpak Sewu

Tumpak Sewu Air Terjun Mempesona

Tumpak Sewu adalah nama sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan terbentuk dari aliran Sungai Glidik yang berasal dari Gunung Semeru. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti tirai yang berjejer dan menyebar. Nama Tumpak Sewu berarti tumpukan seribu air terjun, karena terlihat seperti banyak air terjun yang berdampingan. Air terjun ini juga disebut Tebing Nirwana karena keindahannya yang mempesona.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, Anda bisa melalui Kota Malang atau Kabupaten Malang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang. Di sana, Anda bisa menikmati pemandangan air terjun dari atas atau dari bawah. Jika Anda ingin turun ke bawah, Anda harus berhati-hati karena jalannya cukup curam dan licin. Anda juga bisa mengunjungi air terjun lain yang berdekatan, seperti Goa Tetes, Air Terjun Nirwana, dan Air Terjun Kapas Biru.

Air terjun Tumpak Sewu adalah salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Jawa Timur. Anda bisa mengagumi keindahan alam yang luar biasa dan merasakan kesegaran air terjun yang jernih. Jika Anda suka tantangan, Anda juga bisa mencoba trekking ke bawah air terjun dan merasakan sensasi berbeda. Air terjun ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur sambil menenangkan pikiran dan jiwa.

wisata tumpak sewu

Serunya trip wisata tumpak sewu

Air Terjun Tumpak Sewu menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Air terjun setinggi sekitar 120 meter ini memiliki air yang jernih dan segar, serta dikelilingi oleh vegetasi tropis yang hijau dan lebat.

Akses mudah: Meskipun terletak di daerah yang cukup terpencil, akses ke Air Terjun Tumpak Sewu cukup mudah. Setelah mencapai desa Sidomulyo, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 20-30 menit untuk mencapai air terjun.

Aktivitas menarik: Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas menarik seperti tracking, berenang, dan memotret. Ada juga beberapa tempat yang bisa untuk berkemah bagi mereka yang ingin menginap dekat air terjun.

Ramah lingkungan: Terlepas dari jumlah pengunjung yang cukup besar, Air Terjun Tumpak Sewu berhasil mempertahankan keindahan alamnya karena para pengunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan.

Fasilitas yang cukup: sekitar Air Terjun Tumpak Sewu, terdapat beberapa kuliner dan penginapan yang cukup Selain itu, terdapat juga toilet umum yang cukup bersih dan terawat.

Secara keseluruhan, Air Terjun Tumpak Sewu adalah destinasi wisata alam yang sangat direkomendasikan. Keindahan alamnya yang spektakuler, akses mudah, aktivitas menarik, ramah lingkungan, dan fasilitas yang cukup membuat air terjun ini layak untuk anda kunjungi dan nikmati.

Pemandangan spektakuler dengan medan ekstrim

Untuk menikmati air terjun tumpak sewu bisa melalui 2 cara, yaitu View Panorama yaitu melihat air terjun dari atas (berjalan kaki via jalan bersemen 10-15 menit), dan trekking ke bawah air terjun. Medan yang dilalui untuk trekking ini terbilang ekstrim, terdiri dari turunan / tanjakan2 curam yang masih berupa tanah, tangga bambu vertikal, dan menyusuri aliran air terjun kecil yang cukup curam. Adrenalin semakin terpacu saat cuaca gerimis / hujan karena sangat licin. Sebaiknya menggunakan sandal gunung. Perjalanan ke bawah berjarak sekitar 45-60menit, tergantung kondisi badan masing-masing orang. Setibanya di bawah semua terbayarkan dengan keindahan air terjun.
Sebaiknya tidak perlu membawa banyak barang saat ke bawah agar tidak mengganggu trekking. Tidak perlu menggunakan jas hujan jika tidak hujan. Untuk yang tidak terbiasa trekking lebih baik menggunakan jasa tour. hubungi 085179545518

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *